Contoh Pidato Singkat Bertemakan Guru

Bagi kamu-kamu yang ingin membuat sebuah pidato yang bertemakan guru, jangan kwatir soalnya saya akan berikan contoh pidato dengan tema guru. Tapi alangkah baiknya jika kamu membuatnya sendiri, karna saya sendiri hanya dapat memberikan contoh saja agar kamu lebih mudah membuat pidato tersebut….

Ini beberapa contoh pidato bertemakan guru:

Contoh Pertama

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat kepala sekolah SMA Negeri 01 Tanjung, semua guru dan staf administrasi SMA Negeri 01 Tanjung dan semua teman-teman ku dari kelas X sampai XII.

Pada kesempatan yang baik ini, dan juga untuk memeperingati hari guru yang jatuh pada tanggal 25 November ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato yang berjudul Guru.

Guru, kita pun tahu benar siapa mereka. Sebuah peran yang pital dalam kehidupan. sebuah peran penting dalam masyarakat. Ya memang guru, 4 huruf penuh makna, 4 huruf penuh jasa, 4 huruf pelita bangsa.

Ya memang seorang guru yang kehadirannya penuh makna memaknakan arti dunia dengan segala isinya agar kita anak didik nya mengerti dan paham harus berbuat apa ketika hidup terjun di dalamnya. Guru, 4 huruf penuh makna.

Ya memang seorang guru yang dengan segala keterbatasannya memberikan jasa yang tidak akan ternilai walaupun kita menukar dunia dengan segala isinya untuk hanya bisa mensejajarkan dengan jasa yang mereka berikan untuk kita. Guru, 4 huruf penuh jasa.

Ya memang seorang guru yang menjadi pelita bangsa, menerangi dan menuntun kami anak didik nya ke arah impian yang penuh dengan cahaya harapan untuk agar bisa hidup sejajar dengan bangsa lain di dunia. 4 huruf pelita bangsa.

Hadirin yang saya hormati

Siapakah guru? Siapakah yang pantas menyandang 4 huruf penuh makna, 4 huruf penuh jasa dan 4 huruf pelita bangsa? Siapakah mereka? Mereka kah yang setiap hari berdiri di depan kita memberikan penjelasan mengenai sesuatu di kelas. Atau mereka kah yang duduk di samping kita saat kita menerima penjelasan di kelas. Ataukah mereka yang membiayai kita agar duduk dan menerima penjelasan di kelas.

Siapa kah yang pantas menyandang gelar prestisi sebagai guru; pendidik, teman atau kah orang tua kita? Tapi bagi saya, mereka ber tiga lah yang pantas menyandang gelar guru. Merekalah yang mewakili lingkungan belajar yang mempengaruhi karakter kita anak bangsa ke depan. Pendidik dengan lingkungan sekolahnya, teman dengan lingkungan pergaulan nya dan orang tua dengan lingkungan keluarganya.

Terima kasih guru, atas segala sesuatu yang kau berikan, atas segala sesuatu yang kau contohkan, atas segala sesuatu yang kau arahkan. Terima kasih, kami dedikasikan hari ini untuk menghargai semua jasa-jasa mu. Selamat Hari Guru.

Wasslamualaikum Wr. Wb.

Contok Kedua

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

(Pilih muqaddimah pidato yang anda sukai)

Hadirin sekalian yang saya hormati!
Pada kesempatan ini, marilah kita bersama-sama memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT karena dengan limpahan rahmat-Nya kita berkumpul ditempat ini dalam keadaan sehat wal afiat tanpa ada halangan suatu apapun. Mudah-mudahan pertemuan kita pada kesempatan ini senantiasa mendapat ridho-Nya.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi BesarMuhammad Saw karena berkat beliaulah Islam bisa sampai ke penjuru pelosok dunia, sehingga kita bisa membedakan mana yang haq dan yang bathil.

Hadirin sekalian yang kami hormati!
Pada acara peringatan hari guru nasional ini kembali kita di ingatkan bahwa sebagai pelajar kita harus mengetahui dan banyak belajar agar apa yang kita-kita cita-citakan bisa tercapai. Dan semua orang tentu saja menginginkan bahwa apa yang dicita-citakan berhasil dengan penuh kesuksesan dalam kehidupan ini. Baik hidup di dunia maupun hidup di akhirat kelak. Karena bagi orang yang normal fikiran dia akan semangat belajar, sekalipun jauh tempatnya.

Dan kita mengetahui bahwasanya dengan belajar yang giat, maka seseorang akan lebih baik dan bahagia dalam hidupnya. Dan hanya dengan ilmu lah sebagai sarana seseorang akan mendapat kebahagiaan hidup, baik dunia sampai akhirat kelak. Sehubungan dengan hal ini, maka sangat benar sekali sebagaimana sabda Nabi Saw yang berbunyi:

Man arodad dunya fa alaihi bil ’ilmi

Wa man arodal akhirah fa alaihi bil ’ilmi

Wa man aroda huma fa alaihi bil ’ilmi.

Artinya:
“Siapa yang menginginkan dunia, dia harus punya ilmu, Siapa yang menginginkan akhirat, dia harus punya ilmu, Siapa yang menginginkan keduanya, dia harus punya ilmu.

Jadi ilmulah yang mempunyai peran penting dalam kehidupan ini. Untuk itu pada acara peringatan Hari Guru Nasional ini marilah memiliki jiwa yang semangat dalam menuntut ilmu, sekalipun jauh tempatnya.

Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan pada kesempatan ini membawa manfaat kepada kita semua, sehingga kita bisa mengamalkan ilmu yang telah kita miliki dengan penuh ikhlas dan semata-mata mencari ridho Allah SWT. Semoga Allah senantiasa memudahkan kita dalam mencari ilmu sekaligus memberi ilmu yang bermanfaat. Billahitaufiq Wal Hidayah

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu

Contoh Ketiga

Assalammualaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi/Selamat Siang

Salam Sejahtera bagi kita semua…

Kepada Yth Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMA beritakaget.com,

Yang saya Hormati Bapak dan Ibu guru SMA beritakaget.com,

Beserta teman-teman ku yang saya banggakan.

          

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya. Shalawat bersimpulkan salam semoga senantiasa tercurahlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.

 

            Bapak Ibu Hadirin Sekalian yang saya hormati, pada kesempatan ini saya akan menguraikan pidato saya dengan judul “Guru adalah Sosok Insipirasi bagi Anak Negeri”. ketika saya diminta untuk berbicara tentang guru, maka tak lain yang terbersit di benak saya adalah figur yang sangat luar biasa. Guru adalah pahlawan yang selalu dinaungi kesabaran dan ketabahan. Sabar dan tabah dalam membina anak didiknya. Guru adalah pahlawan yang selalu dinaungi keikhlasan dan pengorbanan. Sehingga ia pun rela mempertaruhkan hidupnya hingga pelosok negeri. Karena keikhlasannya, hingga tak terpikirkan oleh nya untuk menghitung berapa ilmu yang telah ia bagikan. Guru adalah pahlawan yang tak pernah lepas dari rasa cinta dan kasih sayang. Menyemangati anak didiknya untuk berani mengukir mimpi dalam jejak perjalanannya.

 

            Bapak Ibu hadirin sekalian yang berbahagia. Seluruh orang-orang hebat di negeri ini, para pemimpin besar negeri ini merupakan buah dari perjuangan yang tak terbeli dari seorang guru. Perjuangan yang penuh dengan kesederhanaan dan pengorbanan. Perjuangan yang tanpa disadari sesungguhnya memberikan inspirasi bagi anak didiknya. Memberikan contoh sebagai seorang pahlawan bagi bangsa dan negara ini, pahlawan tanpa tanda jasa. Andai saja seluruh anak negeri menyadari ini semua, mencontoh sifat kepahlawanan dari seorang guru maka niscaya dapat dibayangkan betapa indahnya masa depan Indonesia.

 

            Guru, semoga kau senantiasa menjadi inspirasi bagi anak negeri. Tauladan kepahlawanan yang baik bagi seluruh generasi penerus bangsa indonesia. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan keberkahannya dalam setiap langkah perjuangan mu.

            Demikianlah uraian singkat dari saya, semoga kita semua bisa mengambil manfaatnya. Terima kasih atas kesempatan dan perhatian, mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan. Saya akhiri dengan sebuah pantun…

 

Jalan-jalan ke kota bengkulu

Pulangnya mampir dulu ke pasar purwodadi

Terus berjuang bapak ibu guruku

Memberikan inspirasi bagi seluruh anak negeri

 

Assalammualaikum Wr. Wb.

Contoh Keempat

Assalamualaikum wr. wb.
Yth. Bapak Kepala sekolah beserta wakil,Yth. Bapak dan Ibu guru serta teman-teman ku yang saya cintai. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT,karena karunianya kita dapat berkumpul bersama.
 
Para hadirin yang saya hormati.
 
Izinkan saya untuk menyampaikan terima kasih kepada guru-guru saya,karena selama saya sekolah disini Bapak dan Ibu guru telah mengajarkan saya ilmu pengetahuan,budi pekerti dan keterampilan.Bapak dan Ibu guru telah mengajar saya dengan punah kesabaran dan kasihsayang.Saya mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada Bapak dan Ibu guru karena telah mengajarkan saya selama saya bersekolah disini.
Demikianlah pidato dari saya,maaf bila ada salah kata.
 
Wassalamualaikum wr. wb.




Sebarkan Artikel Ini

Leave a Reply

© 2014 BeritaKaget.com. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
IBN Network. All right reserved. Users