74 Siswa Lampung Diterima di Institut Teknologi Sumatera

74 Siswa Lampung Diterima di Institut Teknologi SumateraSebanyak 74 dari 100 calon mahasiswa yang mendaftar diterima sebagai mahasiswa baru di Institut Teknologi Sumatera (Itera). Institut yang baru berdiri di Lampung itu mulai menerima pendaftaran mahasiswa baru untuk pertama kalinya pada 6 Juli 2012, dengan proses penerimaan mahasiswa baru bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Alokasi mahasiswa asal Lampung sebenarnya hanya 40 orang, tetapi yang lulus seleksi sebanyak 74 orang,” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Tauhidi, di Bandarlampung.

“Tapi, selain 40 orang itu, kemungkinan peserta lainnya memiliki orangtua yang berasal dari Lampung, tapi menetap di daerah lain seperti Bandung,” lanjutnya.

Ia menyebutkan, Pemerintah Provinsi Lampung telah menganggarkan pemberian beasiswa bagi 40 orang calon mahasiswa yang diterima di Itera tersebut. Masing-masing mahasiswa itu akan menerima beasiswa sebesar Rp 50 juta per orang yang dananya berasal dari APBD Lampung.

Tauhidi menjelaskan, dana beasiswa itu digunakan untuk membayar biaya pendidikan sebesar Rp 40 juta, dan sisanya untuk uang asrama, biaya hidup, serta keperluan lainnya.

Selain 40 orang yang dialokasikan, Pemprov Lampung kemungkinan juga akan memberikan beasiswa kepada 34 orang calon mahasiswa asal Lampung lainnya yang diterima di Itera. Dengan catatan, para calon mahasiswa itu benar-benar berasal dari Lampung.

“Beasiswa dapat diberikan kepada 34 mahasiswa itu melalui APBD Perubahan 2012, asalkan mendapatkan persetujuan dari eksekutif maupun legislatif,” kata Tauhidi.

Untuk angkatan pertama, Itera hanya menerima 100 mahasiswa dengan lima program studi, yaitu Fisika, Teknik Elektro, Teknik Geometrika, Teknik Geofisika, dan Perencanaan Wilayah dan Kota.

Setiap mahasiswa yang telah diterima dari hasil ujian tersebut, nantinya akan melaksanakan kuliah sementara di Kampus ITB Jatinangor, Bandung, sampai Kampus Itera selesai pembangunannya pada tahun 2015 mendatang.

Pembangunan kampus Itera di Lampung yang berada di kawasan Sukarame, Bandarlampung itu, dijadwalkan dimulai pada bulan Agustus 2012, dan selesai pada 2014. Pendirian Itera merupakans alah satu program nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Itera akan menjadi bagian dari Institut Teknologi Bandung.




Sebarkan Artikel Ini

Leave a Reply

© 2014 BeritaKaget.com. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
IBN Network. All right reserved. Users