Gubsu Resmikan Joglo Jawa Kabupaten Asahan

Gubsu Resmikan Joglo Jawa Kabupaten AsahanGubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho ST meresmikan pembangunan joglo jawa Kabupaten Asahan, Minggu, 23 September 2012.

 Dalam sambutanya Gubsu menjelaskan bahwa pihaknya memiliki keinginan terhadap keberadaan suku di Sumatera Utara untuk terus bersatu, agar nantinya Sumatera Utara bisa menjadi miniature pusat kebudayaan di Indonesia, apalagi selain suku dan agama, Sumatera Utara juga memiliki kelompok warga dari luar, diantaranya orang Pakistan, China, Arab Saudi, india dan lain-lain. “ Untuk mewujudkan ini mari kita bergotong-royong dan membangun kebersamaan bergerak menuju persatuan dan kesatuan, “ kata Gubsu yang juga Pembina Pujakesuma Sumatera Utara.
Kepada pengurus Pujakesuma dan GM, Gubsu meminta untuk terus menjalankan filosofi jawa yang merupakan modal untuk merekat persatuan dan kesatauan. Keberadaan joglo jawa diharapkan untuk dimaksimalkan sebagai tempat menimbah ilmu pengetahuan tentang kebudayaan jawa, sehingga keharmonisan sosial dapat terwujud. Kemudian kehadiran joglo tesebut harus dapat menjadi berkarya bagi oarng jawa dan dapat terus menigkatkan gotong royong serta kerjasama.
Sedangkan, Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP mengatakan atas nama Pemkab Asahan mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru dilantik yaitu pengurus DPD Pujakesuma masa bhakti 2011-2016 dan pengurus DPD GM Pujakesuma Kabupaten Asahan masa bhakti 2012-2017.
Bupati Asahan menyebutkan pelantikan yang dilakukan akan bermakna, bilamana pengurus dapat menjalankan tugas dan fungsi organisasi dengan baik dalam rangka melestarikan nilai-nilai sosial budaya serta mengembangkan kehidupan demokrasi secara konkrit ditengah masyarakat. Pengurus juga harus tetap berpegang teguh pada nilai-nilai luhur bangsa, dimana Pancasila merupakan satu-satunya azas dan falsafah bangsa dalam melaksanakan kehidupan berbagsa dan bernegara.
Dengan kehadiran joglo jawa tersebut Bupati Asahan berharap joglo jawa dapat dimanfaatkan sebagai pusat kebudayaan, khususnya melestrikan buday jawa dan ilmu pengetahuan budaya.“ Mari kita satukan barisan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan melalui kehadiran rumah-rumah etnis di Asahan, “kata Bupati Asahan, seraya mengajak kepada etinis yang mendapat lahan pembangunan untuk segera melakukan pembangunan rumah adat, bila dalam tahun ini tidak tercapai maka akan dilakukan evaluasi.
 Sementara itu, Ketua DPD Pujakesuma Asahan, Endang Ngadiman didampingi sekretaris, Widya Satra dan Ketua GM Pujakesuma, Santoso serta sekretaris Iswanto menyatakan dengan keberdaan orang jawa di Asahan sekitar 59 persen, maka orang jawa siap mendukung visi dan misi pemkab Asahan, apalagi dalam kue pembangunan orang jawa tentunya lebih banyak menikmatinya. Wajar kalau orang jawa terus bermitra dan mendukung Pemkab Asahan mewujudakan visi dan misinya.

Acara peresmian dirangkain dengan pengumpulan kekurangan dana pembangunan joglo jawa Kabupaten Asahan, Gubsu membantu Rp 50 juta, Presiden Pujakesuma, Suratman Rp 45 juta, SKPD se- Asahan Rp 10 juta, Camat se- Asahan Rp 10 juta, Pujakesuma wanita Asahan, 5 juta serta  SKPD provinsi juga memberikan bantuan serta pihak lainya sehingga dana terkumpul sekitar 2 ratus juta lebih




Sebarkan Artikel Ini

Leave a Reply

© 2014 BeritaKaget.com. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
IBN Network. All right reserved. Users