Bahasa Inggris Akan Dihapus dari Kurikulum SD

Bahasa Inggris Akan Dihapus dari Kurikulum SDMata pelajaran Bahasa Inggris tidak akan lagi dimuat dalam kurikulum wajib untuk siswa sekolah dasar (SD) yang akan diberlakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun ajaran 2013-2014. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim mengatakan, mata pelajaran ini ditiadakan untuk siswa SD karena untuk memberi waktu kepada para siswa dalam memperkuat kemampuan bahasa Indonesia sebelum mempelajari bahasa asing.

“SD tidak ada pendidikan Bahasa Inggris karena Bahasa Indonesia saja belum ngerti. Sekarang ada anak TK saja les Bahasa Inggris. Kalau bahasa kasarnya, itu haram hukumnya. Kasihan anak-anak,” kata Musliar, di Park Hotel, Jakarta, Rabu (10/10/2012).

Ia menegaskan bahwa aturan ini harus diikuti oleh semua sekolah. Namun, jika ada sekolah yang menjadikan mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran tambahan, itu merupakan persoalan lain dan akan dipertimbangkan lagi.

“Sekolah harus ikuti ini kalau dijadikan tambahan itu persoalan lain. Akan tetapi, untuk sekolah negeri, jelas tidak boleh,” ujar Musliar.

Untuk sekolah internasional yang umumnya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, pihaknya belum melakukan kajian mendalam. Namun, kurikulum baru ini tetap akan dirumuskan dan untuk sekolah internasional akan diatur belakangan.

“Kurikulum tetap kami buat, tetapi untuk internasional akan kita atur belakangan. Yang jelas mereka harus ikuti ketentuan kurikulum kita, enggak boleh lepas,” tandasnya.

Seperti diketahui, kurikulum untuk siswa SD akan dipadatkan hanya enam mata pelajaran, yaitu Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya, dan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Namun, ini baru disepakati untuk siswa kelas 1-3 saja, sedangkan kelas 4-6 masih didiskusikan lagi.




Sebarkan Artikel Ini

41 Responses to “Bahasa Inggris Akan Dihapus dari Kurikulum SD”

  1. ismail says:

    ha ha bahasa ingris buat siswa SD dihapuskan tak salah tu harusnya diSD itu adalah sega alanya dasar pendidikan, yg harus dipikirkan frof2 itu kalau bisa ngajarnya SD. bukan di PT, kalau di PT mahasiswa sudah punya kesadaran untuk belajar di SD bagaimana dia bisa diajak belajar memorinya masih bersih harusnya diisi dengan yg baik2, kalau sudah di SLTP dstnya enak.tak seperti sekarang siswa SLTP/SLTA/PT saja pada bentok ya pak menterilah yg pintar he he he numpat lewat bicara siapa jadi perhatian terserah

    • sely says:

      Emang sih itu ada benerx juga,,,, karna dgn di hapusx bhs inggs mereka lebih memahami dan mencintai bahasa indonesia terlebh tahu sejarah indonesia, jd mreka tmbh semngt tuh sperti pejuang2 indo, tp ada sisi negatifx jg….mreka akn awam ttg bhs.inggris,,,,jd jgn dihapus smuax,,,,klau bz agar mereka pux pndngn sedikitlah ttg itu,,, usia dini adalah usia emas untuk dijejali sesuatu yg baru,,, krn pngetahuan mrk ceptmeresapx,,,mungkn bz d pertmbngkn lg pak,,,, terimksh sesblmx,,,,

  2. defrizal says:

    Dengan 6 mapel untuk kelas 1 s/d 3 dan 7 mapel untuk kls 4 s/d 6 sudah cukup tetapi durasi untuk mapel pendidikan agama jumlah jamnya minimal 4 jam per minggu. Dengan penekanan pendekatan relegius akan tumbuh karakter bangsa indonesia

  3. eunike says:

    bahasa inggris dihapus? terus belajar bahsa inggrisnya kapan donk? bahasa inggris kan bahasa internasional, masak malah dihapus sih. padahal memori anak SD tu kan masih bagus, daya ingatnya masih tinggi. beda lagi kalo udah SMP/SMA. menurut saya mapel bahasa inggris ngga usah dihapus, tetap ada supaya anak2 bisa terampil berbahasa inggris dan bisa menguasai dunia internasional lewat bahasa nantinya.

    • muh.nur says:

      pertama,Bahasa inggris itu di sd perlu , sebagai bahasa internasional kelak anak anak kita in the future akan menghadapi persaingan global didunia kerja dan usaha , jadi sejak dini diperkenalkan asal porsi dan kelas berapa mereka baru boleh diberikan , barangkali dikelas 5 , karena pada kelas itu konsep bahasa indonesia sudah siswa sudah bagus,.
      kedua , untuk peljaran agama penilaian itu tidak hanya dari hasil tes tertulis(UH,UTS atau UAS) tetpi nilai praktek sehari – hari dalam menjalankan kehidupan agama,dan ini perlu integrasi daan koord,dg /guru dari mapel lainnya

  4. AKHMAD ZAINNUDIN says:

    BAHASA INGGRIS DIHAPUS? KALau anak SD/MI ikut olimpiade bagaimana?, sebab soal-soal sudah harus berbahasa inggris baik ditingkat kabupaten/nasional/internasional. bisa- bisa anak ndonesia malah mengalami kemunduran dalam kanca olimpiade.
    kemarin ada siswa SD swasta di sidoarjo dan SD di gresik juara olimpiade di india, indonesia juga yang bangga. tapi kalau bahsa inggris di hapus. berarti dipastikan anak-anak indonesia tidak akan bisa mewakili indonesa di kanca internasional.

  5. rima puspita sari says:

    waduuhh??? jangan di hapus doongggg…… lha khan ini sudah zaman era globalisasi lha koq malah dihapuus?? ini jaman sudah maju… semua sarana di komputer juga pakai bahasa inggris, kapan majunya Indonesia??? bagaimana nasib ratusan guru b. inggris di seluruh indonesia yang mengajar di sd?? semua fasilitas umum sekarang juga in english.. tolong ditinjau kembali keputusan tersebut pak?? negara kita ingin majuuuuu…

  6. vita poespita sari says:

    yaaaa….. gak asik dong.. kalausampai b.ing dihapus dari sd.. ntar malah ketinggalan dengan neagara negara maju lainnya lho…… pengen maju ya harus mengikuti perkembangan zaman doong jangan malah mundur ….. bagaimana nih Indonesiaku???

    • vita poespita sari says:

      betul itu bunda vita….. ya anak anak kita akan tertinggal jauh dengan negara negara lain yang maju…. ya…. siapa nanti yg menggantikan pak Habibie nantinya??

      • rima puspita sari says:

        betul sodara…… ini jaman sudah era globalisasi , lha kok malah dihapus bahasa inggrisnya…. kita ini sudah negara yang bersaing … kapan majunya kalau begini Indonesia???

        • Ismanto says:

          Setuju, gmn Indonesia bisa jadi negara maju jika kurikulumnya aja membingungkan. negara -negara lain sudah menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar malah ni di hapus.

  7. dee says:

    Jangan dihapus…
    Dihapus artinya kita mundur lagi.
    Saya adalah generasi yg belajar bhs inggris mulai smp, payah banget ngomong bahasa inggrisnya. Kadang malu sama anak… main tebak tebakan bahasa inggris hasilnya kacau…
    Jangan dihapus ya…

  8. sutikno says:

    bahasa inggris di SD dihapu?
    gimana to ini pemeintah kok malah marahi rakyatnya bodoh.
    UNTUK ACUAN coba kita bandingkan dengan negara Malasya, B inggris disana menjadi muatan lokal wajib dan menjadi bahasa kedua, mereka sadar kalau bahasa inggris adalah bahasa internasional. kalau dikurikulum 2013 bahasa inggris dihilangkan trus mau jadi apa generasi kita nanti, bagaimana mereka bisa bersaing di kancah international, tidak sedikit anak-anak SD yang membawa harum nama Indonesia di tingkat.dunia.tolong para pengambil kebijakan jangan terlalu memaksakan kehendak yang ujung-ujungnya merugikan rakyat sendiri, rakyat jamgam dijadikan monyet percobaan oleh seklompok intelektual yang haus akan kebijakan, jangan sampai ada rumor ganti menteri ganti kebijakan, yang mumeeeet para guru yang harus gonta-ganti penerapannya .

    iIu lagi muatan loka BAHASA JAWA juga mau dihilangkan sangaaat tidak setuju, alasanya: bahasa jawa bisa membentuk karakter anak terutama anak usia SD menjadi lebih baik. dengan belajar bahasa jawa anak punya unggah ungguh (jawa; tata krama) cara berbicara, cara menmpatkan kedudukan orang tua dan masih banyak lagi manfaatnya

  9. endar says:

    kepada bapak mentri yg terhormat… mohon lebih dipertimbangkan lagi kalau b.inggris akan dihapus dari sd. 1. bagi siswa yg tidak mampu untuk sekolah di swasta yg ingin bisa belajar bahasa inggris di sd,negri tidak akan ada kesempatan itu lagi. 2. bagi siswa yang mampu orang tua mereka akan berpikiran lebih baik menyekolahkan anaknya di sekolah swasta saja yang masih bisa memberi pelajaran bahasa inggris. 3. maka sekolah swasta akan berlomba lomba pasang harga yang selangit. perlu bapak perimbangakan lagi, bahwa dampak negatifnya akan jauh lebih banyak dari pada dampak positifnya. 4. jika menurut pemerintah dengan adanya bahas inggris di sd itu akan menggeser atau bisa merusak perkembangan bahasa indonesia di ruang lingkup anak anak sd, pemerinta keliru…. malah sebenarnya kalau pemerinta mau jeli bahasa indonesia ini menjadi kacau itu karena SINETRON dan IKLAN yang ada di TV, silahkan bapak cermati bahasa indonesia anak sekarang tidak hanya di kalangan sd tapi sampai ke semua orang dewasa…. sampai ada istilah lebaaayyy, allayyy, terus emang gue mesti bilang WOW gituu??? guru di sekolah SD tidak pernah mengajarkan bahasa indonesia yang seperti itu, seharusnya pihak industri periklanan dan sinetron yang perlu di beri warning. Terimakasih….

  10. yose says:

    bahasa inggris teori gak apa apa dihapus tapi gantinya bahasa inggris langsung percakapan. Toh anak anak bule juga belajar bahasa inggris praktek dulu, udah pande ngomong baru belajar grammar di sekolahnya.

  11. gatot says:

    bhs inggris tdk perlu dihapus,tp DIKURANGI porsinya utk kelas 1-3 dan jamnya ditambahkan ke bahasa indonesia,jgn pelajarannya di hapus jamnya dikurangi mau jadi apa anak2 kita nanti…kita ini warga negara indonesia berbangsa indonesia dan bahasa persatuan kita bahasa indonesia BUKAN bahasa inggris.ini penjajahan dr segi bahasa…….
    INDONESIA kan anak-anak kita !!! dgn dasar PANCASILA..
    jadikan anak-anak indonesia anak yang berke Tuhanan Yang Maha Esa, yang memiliki rasa Kemanusiaan yg adil dan beradab, yang menjunjung tinggi nilai persatuan Persatuan,yang mengedepankan Musyawarah utk mufakat,yang bisa menciptakan Keadilan bagi rakyat indonesia..

  12. gatot says:

    hapus sinetron dan semacamnya.itu yg sangat merusak moral dan tatanan bahasa kita..disekolah manapun TIDAK ADA yang mengajarkan siswanya berpakaian yg tdk sopan tp di sinetron yg nota bene milik bangsa lain (produsernya) selalu dan selalu di perlihatkan anak sekolah yg berpakaian yg tdk sopan.tanpa kita sadari ini salah satu bentuk penjajahan terhadap moral anak-anak bangsa ini..
    hilangkan dan hapus sinetron-sinetron yg mmenjadikan moral anak bangsa ini terkontaminasi..yg rugi paling ya kelompok punjabi dan artis-artis yg aji mumpung..bangsa ini tdk rugi kehilangan artis2 bejat TAPI BANGSA INI AKAN RUGI KEHILANGAN MORAL ANAK-ANAK BANGSA .

  13. ari wepeje says:

    bahasa inggris diihapus, katanya lagi IPA n IPS mau diilangkan juga, yang SMK, KKPI diilangi….lha terus??Ini jadi sekolah ndak?? apa mau dolan aja?? Terus nasib guru2 nya bagaimana? Apa pak menteri, pak presiden yang terhormat punya jaminan untuk mereka? apalagi mereka yang hanya mengajar mapel itu…apa mau narik mereka utk jadi PNS (kalau yang belum PNS)? mustahil….

  14. anti SBY says:

    kalo g salah sih denger denger menteri pendidikan kita buta akan bahasa inggris , makanya dia maw menghapus pelajaran bahasa Inggris ,,, secara g langsug mereka tidak sadar kalo teknologi dan semuanya menggunakan bahasa inggris ,,, MENTERI2 DARI PIMPINAN SBY TAK ADA YANG BECUS , DAN HANYA SEGELINTIR YANG BECUS , kpn indonesia mw maju kalo bahsa inggris dihilangkan ,,, sumber pengetahuan pun asalnya dari barat ,,, semua teknologi pun dari barat ,,, kok enak bngt bilang semua itu diatur belakang, emang tuh yang keluarin peraturan merem apa gimana sih ? bloon bgt

  15. Murbin says:

    sebetulnya saya dan murid-murid sedang semangatnya belajar bahasa inggris malah akan dihapus pada th 2013 ini dengan adanya kurikulum baru 2013 sayang-sayang sekali anak-anak banyak yang berbakat namun yah apalah daya korban kurikulum yang setiapkali berganti-ganti padahal menurut saya kurikiulum yang baik terletak pada semanagat dan keikhlsan dalam melayani pendidikan kepada peserta didik tanpa harus mengganti-ganti.
    untuk bahasa inggris sebaiknya pemerintah jangan menghapus pelajaran bahasa inggris di SD karena usia SD adalah usia untuk menghapal Vocabulary sehingga nantinya dapat mahir berbahasa inggris dan tak lebih penting lagi guru-gurunya didiklat bahasa inggris agar guru kelas di SD dapat mengajar bahasa inggris dengan baik.
    akhir kata saya tidaaaak setuju bahasa inggris di hapus pada kurikulum 2013 bagaimana nanti anak-anak bila menjadi seorang mentri atau jadi guru di amerika ?

  16. Penghilangan Mata pelajaran bhs inggris justru akan membuat bangsa kita menjadi bangsa yang tidak maju atau tidak bisa menghadapi kenyataan. Bahasa inggris adalah bahasa internasional yang sangat perlu kita pelajari, baik di tingkat SD SMP SMA dst. Sesuai namanya, SD = Sekolah Dasar, di sekolah dasar ini malah justru perlu diajarkan, diperkenalkan dengan bahasa yang baru, tidak perlu susah”, hanya pelajaran dasar dari Bahasa inggris untuk memepermudah pembelajaran di tingkat selanjutnya.
    SAYA TIIDAK SETUJU DIHILANGKANNYA BHS INGGRIS.

  17. ani sukarni says:

    saya ridak setuju pendidikan bahasa ingg\ris untuk sd dihilangkan apapun alasannya. karena pelajaran bahasa justru harus diawali sejak dini. pelajaran bahasa inggris di sd ditiadakan menurut saya suatu kemunduran. dulu saya mendapatkan pelajaran bahasa inggris mulai smp hasilnya ya hanya sebatas mengenal saja. selain itu juga harus dipertimbangkan dan dipikirkan bagaimana nasib para lulusan dan guru-guru yang sekarang mengajar bahasa inggris di sd. apalagi mereka yang masih menjadi tenaga honorer. kebijakan jangan sampai memberatkan beban sekolah dalam mengambil keputusan. SEKALI LAGI SAYA TIDAK SETUJU BAHASA INGGRIS SD DITIADAKAN

  18. ani sukarni says:

    saya Tidak setuju pendidikan bahasa ingg\ris untuk sd dihilangkan apapun alasannya. karena pelajaran bahasa justru harus diawali sejak dini. pelajaran bahasa inggris di sd ditiadakan menurut saya suatu kemunduran. dulu saya mendapatkan pelajaran bahasa inggris mulai smp hasilnya ya hanya sebatas mengenal saja. selain itu juga harus dipertimbangkan dan dipikirkan bagaimana nasib para lulusan dan guru-guru yang sekarang mengajar bahasa inggris di sd. apalagi mereka yang masih menjadi tenaga honorer. kebijakan jangan sampai memberatkan beban sekolah dalam mengambil keputusan. SEKALI LAGI SAYA TIDAK SETUJU BAHASA INGGRIS SD DITIADAKAN

  19. botax says:

    justru saya setuju dengan usulan ini karena pusing cuy dulu w pas sd banyak banget mapelnya ya.. kan kalo sedikit2 mah enak kali.. kita juga jadi merasa nyaman..
    hahaha

  20. dhona says:

    bahasa indonesia wajib sekali karena bahasa kita adalah bahasa indonesia,tapi kenyataan semua informasi-informasi tulisannya inggris,televiasi tulisan dan bahasanya inggris,ya tambah bodo anak SD tidak tahu bahasa internasianal.kalau tidak dari SD awal kenal bahasa inggris apa langsung dari SMP. kasian anak SMP kebanyakan dilapangan tidak tahu bahasa inggris.anak bangsa mau dibutakan bahasa internasianal.

  21. anak bangsa indonesia says:

    bahasa indonesia wajib sekali karena bahasa kita adalah bahasa indonesia.anak SD kota belajar bahasa inggris bs melalui les dengan bayar Ratusan rupiah mampu bayar.kalau anak SD desa mau belajar bahasa inggris tanpa bayar lewat mana?.jangan liat di kota saja perhatikan anak bangsa yang dari desa.bahasa inggris di SD tidak wajib tapi kalo untuk muatan lokal gimana?mohon pak menteri memberi kebijakan hal tersebut.indonesia sudah merdeka, pintar, maju.indonesia jangan ketinggalan juga bahasa internasional.

  22. anak bangsa indonesia says:

    ini sudah jaman globalisasi,anak SD sudah bisa main internet,nah klo di internet sudah kebanyakan bahasa inggris dpakai.murid murid saya sudah semangat sekali belajar bahasa inggris kasian mereka tapi mereka tetap bisa berbahasa indonesia dengan baik meskipun belajar bahasa inggris,apalagi jam bahasa indonesia lebih banyak,bahasa inggris hanya muatan lokal di SD,sudah muatan lokal,masih mau dihapus lagi,,terus nasib guru bahasa inggris SD mau kemana????kalau bahasa inggris dihapus berrarti kembali lagi ke jaman dulu kala waktu saya masih SD,tahun 1990-1996.jadi waktu SMP baru belajar one,two,three..aduh kapan majunya.PAUD dan TK aja belajar bahasa inggris eh waktu SD hilang bahasa inggrisnya…terimakasih atas kebijaksanaannya.

  23. kalo bahasa jawa dihapus ? bahasa inggris dihapus ? mau belajar apa ?
    kunjungi balik silabusrppberkarakter.wordpress.com/
    thx :D

  24. Rha says:

    G salah lg, INTINYA Mentri DKK, cma mau Duitnya aja mayan tu total anggaran 73 triliun….
    ntu semua cma akal belaka mereka aj, mau ilangin bhs inggris lh, ipa, ips, dll.. itu smua hanya tipuan dan Taktik mereka, spaya masyarakat beranggapan bahwa pemberlakuan atau perubahan kurikulum adalah untuk Mutu pendidikan………
    Mutu pendidikan paan tuu, supaya mentri dkk kaya sebelum expair masa jabatannya?????
    hahaa, mengambil kesempatan dalam kesempitan…….
    Heeeyy Mentri DKK…… Sadar dong,,, udh ketahuan nih….. dasar pemakan uang HARAM…..
    CCCuuuuuiiiyyyy…. ppuuuiiih….

  25. chong says:

    Pke acr haram segala lagi ,yg di hapus tuh bkan bhasa tapu koruptornya ….
    Jngan pkir bhasa dlu pkir bgmna mmbangun pribadi yang baik ,gobloknya ….

  26. smart pandawa says:

    oh my God…………!!!!!
    kagak salah tuh mapel bahasa inggris di SD dihapus. jangan-jangan pak menteri ga bisa bahasa inggris ya….?
    zaman pak menteri masih SD, mungkin memang belum ada pelajaran bahasa inggris. Tapi sekarang ini tahun berapa pak? 2013 gitu loh…….
    anak TK aja sudah belajar bahasa inggris. Masa SD lebih tertinggal dari TK. Mikir donk pak.
    bapak bilang, SD tidak ada pendidikan Bahasa Inggris karena Bahasa Indonesia saja belum ngerti. Aduh aduh, sungguh pemikiran yang aneh.. Sebaiknya kalau mau buat pernyataan dipikir dulu pak.. jangan asal cuap aja. yang salah menterinya koq bahasa yang jadi korban..

  27. Nabila Chan Btl says:

    tidak perlu dihapus. cukup merubah sistemnya saja. seharusnya, masa sd adalah masa bgi siswa untuk menambah kosakata bahasa inggris, sebab daya ingat mereka masih kuat. kalau kosakata b.ing nya sudah banyak dan bagus, nanti lanjut ke smp tinggal mempelajari tingkat lanjutnya, misal tense.
    sebenarnya sistem pembelajran b.ing di indonesia ini sudah salah.
    sekian :)

    • Nabila Chan Btl says:

      dan, mapel b.indo lebih ditingkatkan lagi. byk loh siswa yg nilai b.ing di rapot lebih tinggi dibanding nilai b.indo nya. malu atuh diliat orang luar. malah dianggap gak menekuni budaya sendiri :v

  28. nana lucia says:

    kok sekarang di indo sedikit2 haram ya tpi knp korupsi kok tdk kena fatwa haram di haramkan tpi tetap menjamur knp belajar ilmu yg berguna untuk masa depan harus diharamkan jadi heran dgn petinggi di indo apa takut generasi muda lbh pandai dri generasi tua? jika bhsa inggris haram di pelajari sejak dini knp bhs arab tidak bukan nya bhs arab jga bhsa asing ,,,,memang bljr bhs indo perlu sbg orang indonesia tetapi kita sbg penduduk dunia kan perlu jga berhubungan dgn bangsa lain gmn bisa komunikasi kalau tdk bisa bhs internasional sangat disayangkan jika bhs inggris di hpus dri kurikulum sd sbg ortu murid yg anak saya msh sd saya kecewa dan kwatir dgn masa depan anak saya nanti apakah kelak bsa bersaing di bursa krj dgn ketrampilan bhs internasional yg minim semoga di tinjau ulang keputusan ini pendidikan karakter sangat perlu untuk membentuk generasi penerus yg berkwalitas tetapi pendidikan iptek jga perlu agar generasi penerus tdk gaptek dan ketinggalan jaman,,,,,,,,,untuk kemajuan indonesia

  29. antony says:

    sayang ya bhs inggris mw dhapus…dlu saat sy msh SD mmg gk da bhs inggris,,saat masuk SMP susah skli brhdpn dagn bhs inggris,,bknnya suka tpi tmbh pusing,, mw gk mw hrs bljr krs,,jdi porsi bljr etrax nmbh
    sbg prbndingan,,3thn sy ngjr bhs inggris dSD,,alhamdulillah,,rata2 anak didik sy tdk ksulitan bljr bhs inggris dsaat msk SMP,,bkn hanya mrka saja yg mngaku tdk ksulitan,,guru bhs inggrisnya dSMP sampai mngungkapkn kpuasannya mngjr anak2 trsbt,,,nah jika dhps lgi bsa2 kyk sy dlu jdinya,,apalgi anak2 skrg pola pikir, asupan bhsnya lbh krs dbnding masa sy dlu,,ini pngaruh global mslhnya,,,Mendikbud hrs brpkir lbh kras lgi spy dpt kluar dri mslh,,bkn mlh masuk k’masalah lagi,,niat kluar kok mlh masuk k’ruangan yg lbh bobrok lgi

Leave a Reply

© 2014 BeritaKaget.com. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
IBN Network. All right reserved. Users