Uji Publik Kurikulum Baru Resmi Dimulai

Uji Publik Kurikulum Baru Resmi DimulaiUji publik kurikulum 2013 resmi dimulai, Kamis (29/11/2012) malam. Bertempat di Hotel Mega Anggrek, Jakarta menjadi kota pembuka untuk uji publik pengembangan kurikulum 2013 yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Uji publik pengembangan kurikulum ini dihadiri oleh berbagai elemen yang punya pengaruh di bidang pendidikan seperti dari pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, para guru yang nantinya akan mengimplementasikan kurikulum ini dan sejumlah pengamat pendidikan.

“Uji publik ini akan dijalankan selama tiga minggu. Selama uji publik ini kami terbuka pada semua masukan yang ada,” kata Wakil Menteri pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim di Jakarta.
Seperti diketahui, uji publik pengembangan kurikulum ini dilakukan di lima kota besar yaitu Jakarta, Yogyakarta, Medan, Makassar dan Denpasar. Selain lima kota besar ini, ada juga 33 kabupaten/kota yang ditunjuk untuk melakukan uji publik ini sehingga menjangkau semua wilayah.

Sebelum dilakukan uji publik, pihak kementerian telah melakukan pembahasan internal yang dilaksanakan tiap pekan. Setelah disusun berbagai alternatif struktur kurikulum, hasil tersebut dipaparkan kepada Wakil Presiden Republik Indonesia, Boediono. Fase selanjutnya adalah uji publik ini untuk mengetahui pendapat dan masukan dari masyarakat.




Sebarkan Artikel Ini

12 Responses to “Uji Publik Kurikulum Baru Resmi Dimulai”

  1. abd. salam says:

    mohon dikaji ulang untuk kurikulum smk, apakah tidak sebaiknya IPA digabungkan dengan K3LH, IPS digabungkan dalam kewirausahaan dan PKN, mengingat padatnya materi normatif dan adaptif, sehingga produktif perlu diadakan penambahan jam, sedemikian untuk yang punya program non bismen matematikanya sangat serat dengan materi.

  2. kula kinten menawi bahasa jawi mnika mlebet wntn seni budaya ateges wntn pngurangan jam..bbagan mnika kdah dipun suraos,msyrkat jawi mnika istimewa nggadhi unggah-ungguh tata trapsila ingkang sae, mnwi bhsa jawi mnika ical temtu kmwon smngke ddos kprihatosan,amargi pndidikan krakter mnika saking traping basa ingkang mnika mlebet wntn ing piwulang bsa jawi..mtr nwun

    • Diqi Munawar Shodiq says:

      di Jawabarat (matpel bahasa Sunda/Daerah) ada gerakan menolak kurikulum 2013 kita ingin juga berbagi dan tukar pendapat dengan kawan-kawan di sana, mungkin bisa tukar kontak kita?

  3. susanto says:

    Yth Pak mentri.Mohn PKN dganti lagi dengan PMP,krn lebih mengena.serta masukkan mapel pertanian di semua jenjang pendidikan.ingat bangsa ini adl negara agraris,untuk menuju masyarakt adil dan makmur adl didukung dengan pertanian yg tangguh.mhn pak mentri Mempelajari apa iti pellajaran SISTEM AGRIBISNIS.trimakasih

  4. Diqi Munawar Shodiq says:

    Assalamualikum
    jika uji publik itu hanya jadi formalitas, untuk apa? hanya penghamburan anggaran…. kalau toh pada akhirnya masih tetap lebih mendengarkan staf ahli kementrian yang hanya beralaskan teori, bukan studi lapangan yang dialami guru (guru sekarang, bukan yang dulu pernah jadi guru),
    tujuan revisi apa? kebutuhan akan karakter bangsa? atau gengsi bersaing dengan negara lain?.
    semoga ini bukan salah satu cara penghamburan anggaran

  5. endro says:

    kalau bisa bahasa inggris masuk bahasa ke 2 setelah bahasa indonesia dalam berkomunikasi karena pengalaman dari orang di luar negeri bahwa orang indonesia itu pandai pandsi kalah dengan pilipina dan malaysia karena hanya bahasa dan ini bisa menjadikan anak anak kita bisa go internasional mohon di pelosok juga pandai berbahasa asing

  6. johanes says:

    Mau dikemanakan guru TIK? Gmn perkuliahan jurusan TIK

  7. SILVIA MEGA UTAMI says:

    mau dikemanakan guru bahasa daerah khususnya guru bahasa sunda ? tolong dikaji ulang,saya sangat menyayangkan apabila mata pelajaran bahasa daerah dihilangkan, menurut saya yang perlu di persempit itu IPA dan IPS contohnya Ipa ada biologi kimia fisika matematika udah aja itu satuin ke dalam IPA. kalau semua bahasa daerah dihilangkan dimana karakter bangsa Indonesia yang menjadi ciri khas nya daerah masing-masing, justru itu yang harus kita lestarikan.

  8. santo says:

    Yth.Bp.Time Kurikulum 2013.Dulu orang bila berbuat yang arogan/tidak santun akan dikatakan/disindir deng kata2 orang tak Punya PMP,tp sekarang diubah jadi PKN,jd akan lebih bagusnya dikembalikan lg mjd PMP(pendidikan moral pancasila)dengan kata2 moral akan lebih menunjukan pribadi orang.Dan Kurikulumnya sebaiknya dengan model dengan pada era 90an..ada buku paket anak yang setiap tahun bisa dilungsusrkan atau dipinjamkan ke adik-adik kelasnya.tidak seperti sekarang setiap semster beli buku LKS baru,pemborosan dan ajang bisnis yang kontinyu,serta memberatkan anak didik.jumlah pelajaran sebaiknya Tetap,IPA,biologi,ips,kesenian,bahsa daerah sesuai daerah masing2,PMP,agama,ketrampilan/prakarya,ilmu pertanian untuk semua jenjang.bahasa inggris unt smp dan sma,sd dihilangkan.dan yang diujikan ke ujian nasional seperti thn 90an 6 mapel.yang perlu dikurangi adl tingkat kedalaman materi unt semua mapel dan jenjang.trimkasih.

  9. joko purnomo says:

    sebagai guru kadang bingung ngadepi kurikulum sing gonta-ganti,karepe piye….wis karepmu gantio pik suwidak jaran oran urus

  10. metodenya yang diajarkan seringkali malah tidak diterapkan oleh narasumber yang memberikan pelajaran dan pendidikan kepada guru

Leave a Reply

© 2014 BeritaKaget.com. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
IBN Network. All right reserved. Users