Dihadiri Ratusan Ribu Jamaah

Dihadiri Ratusan Ribu Jamaah Ratusan ribu warga dari segala penjuru Kalimantan Selatan padati kawasan Sekumpul Martapura Kabupaten Banjar. Warga berduyun-duyun datang sejak siang hari sampai dengan sore hanya untuk mengikuti acara haul ke-7 Al Alimul Allamah Al Arif Billah Albahrul Ulum Al Waliy Qutb As Syeikh Al Mukarram Maulana H Muhammad Zaini bin H Abdul Ghani atau Guru Sekumpul, Mingu (27/5) sekitar pukul 18.30 Wita.

Pelaksanaan haul dipusatkan di Mushala Ar Raudah di kawasan Sekumpul, yang dihadiri banyak ulama dan habib dari beberapa daerah bahkan dari beberapa provinsi luar Kalimantan.

Di dalam Mushala Ar Raudah dari sore sudah dipadati ribuan jamaan. Jika sudah berada dalam ruangan tersebut jangan harap bisa keluar masuk dengan mudah.

Tidak hanya di dalam ruangan mushala, di lapangan luar juga sudah dipadati ratusan ribu jamaah yang meluber sampai ke jalan raya Sekumpul serta beberapa jalan kecil yang berada di sekitarnya. Jamaah yang datang, hampir semuanya mengenakan pakaian putih-putih.

Acara haul dimulai setelah melaksanakan shalat Maghrib dan dipimpin oleh guru Sa’dududin yang tidak lain adalah murid Abah Guru Sekumpul. Acara pembuka adalah dengan pembacaan syair Maulid Habsyi.

Selanjutnya rangkaian acara dilakukan dengan pembacaan Surat Yasin dan diteruskan dengan Zikir Nasyid, acara ditutup dengan pembacaan doa.

Jamaah dari Kalimantan Timur, Wandi, mengungkapkan kedatangannya ke Sekumpul untuk mengikuti Haul Guru Sekumpul ini sudah yang ketiga kalinya. Kali ini kedatangannya bersama rombongan menggunakan mobil. “Kami di sini sudah menginap dari Sabtu kemarin dan rencananya besok Senin baru pulang ke Kalimantan Timur. Memang kedatangan kami ini dengan niat untuk mengikuti acara haul Abah Guru Sekumpul ini,” ujarnya mengungkapkan.

Dari pantauan Radar Banjarmasin, sore sebelum pelaksanaan haul, hampir seluruh kawasan Martapura Kota macet menjelang pelaksanaan haul Guru Sekumpul dari sore sampai dengan malam hari. Ribuan motor terlihat parkir disana-sini, dan beberapa tempat parkir yang sudah disediakan panitia pelaksana semuanya penuh.

Sekitar pukul 17.00 Wita, jalan di masuk Sekumpul sudah dipadati pejalan kaki karena jalan tersebut sudah tidak memungkinkan lagi dilewati dengan kendaraan roda dua. Mobil dan motor hanya sebagian yang dapat tertampung di kawasan parkir seperti di kawasan Pusat Perbelanjaan Sekumpul (PPS).

Sisanya, banyak mobil parkir di pinggir jalan sedangkan untuk motor banyak parkir di halaman rumah-rumah warga, bahkan juga di pinggir jalan Sekumpul.

Jamaah yang sudah memadati kawasan Sekumpul sejak sore hari tersebut kiranya tidak hanya di jalan-jalan saja tetapi juga rumah-rumah warga. Untuk mengisi waktu menunggu datangnya shalat Maghrib di rumah-rumah warga Sekumpul sudah menyiapkan televisi dan menayangkan siaran ulang pengajian Almarhum Guru Sekumpul semasa hidupnya.

Meskipun sudah padat, namun terus terlihat jamaah berjejal seakan tiada habisnya yang datang dari berbagai penjuru hanya untuk mengikuti secara langsung acara haul Guru Sekumpul.

“Ya walaupun tidak dapat masuk ke kawasan langgar tersebut saya tetap bahagia dalam mengikuti acara haul ini, bagaimana lagi karena semua jalan sudah dipenuhi jamaah yang datang sudah lebih dulu,” ujar Raji, warga Tabalong.

Bahkan, dapur umum yang menyiapkan 300 ribu bungkus nasi samin sudah kosong dan habis dibagikan kepada seluruh jamaah yang datang. Diperkirakan jumlah jamaah yang datang lebih dari 300 ribu orang.

Acara haul ini juga dihadiri beberapa pejabat dan pengusaha seperti Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Ariffin, Bupati Banjar Pangeran Khairul Saleh, Aburizal Bakrie, Sulaiman HB.

Sedangkan kedua anak Almarhum yakni Muhammad Amin Badali dan Ahmad Hafi Badali duduk di tengah-tengah Mushala Ar Raudah dan dikelilingi ribuan jamaah.




Sebarkan Artikel Ini

Leave a Reply

© 2014 BeritaKaget.com. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
IBN Network. All right reserved. Users