Partai Demokrat Dan PDIP Berpeluang Koalisi Di Tahun 2014

Partai Demokrat Dan PDIP Berpeluang Koalisi Di Tahun 2014Sejak masa pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I tahun 2004 yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memutuskan untuk oposisi atau berada di luar pemerintahan.

Beberapa kali partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri itu juga menolak ajakan Partai Demokrat untuk menempati satu di antara pos menteri baik di Kabinet Jilid I maupun Jilid II.

Lalu, bagaimana peluang koalisi kedua partai besar tersebut di tahun 2014 ?

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Marzuki Alie berdalih demi kepentingan bangsa dan negara partainya hingga saat ini selalu membuka pintu koalisi dengan PDIP.

“Dalam politik semuanya ada kemungkinan, apa mungkin bersatu atau berpisah. Yang jelas demi kepentingan bangsa dan negara Demokrat itu selalu membuka pintu (koalisi),” kata Marzuki Alie, Selasa(1/1/2013).

Lebih lanjut Ketua DPR RI itu pun menegaskan, meskipun partai berlambang banteng tersebut berada di luar pemerintahan, namun secara kelembagaan dan pribadi hubungan kedua partai itu hingga kini sangat baik.

“Meskipun partai opisisi hubungan dengan presiden itu baik, ya sangat baik. Baik secara hubungan pribadi atau secara kelembagaan,” kata Marzuki.

Sebelumnya, Politisi Senior PDI Perjuangan, Taufiq Kiemas beserta putrinya Puan Maharani bertandang ke Istana guna menemui Presiden SBY. Kedatangan Taufiq Kiemas ini dianggap sebagian besar pihak sebagai sinyal awal koalisi antara Partai Demokrat dan PDI Perjuangan.




Sebarkan Artikel Ini

<

Leave a Reply

© 2014 BeritaKaget.com. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
IBN Network. All right reserved. Users