Di ASEAN Rupiah Merupakan Salah Satu Mata Uang Terendah Jika Ditukar Ke Dollar AS

Di ASEAN Rupiah Merupakan Salah Satu Mata Uang Terendah Jika Ditukar Ke Dollar ASPemerintah menyatakan saat ini nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sangat rendah. Bahkan di ASEAN, rupiah merupakan salah satu mata uang terendah jika ditukarkan ke dolar AS.

“Dari sisi nilai tukar, maka nilai tukar dolar AS terhadap rupiah tidak mencerminkan kondisi fundamental ekonomi kita yang baik. Nilai tukar rupiah kita terlalu rendah dibandingkan negara-negara lain yang ukuran PDB-nya jauh lebih kecil dari Indonesia,” ujar Menteri Keuangan Agus Martowardojo dalam acara ‘Kick Off Konsultasi Publik Perubahan Harga Rupiah’ di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (23/1/2013).

Agus Marto menyebutkan, dilihat dari sisi pertumbuhan ekonomi di ASEAN, Indonesia memiliki nilai PDB US$ 845,6 miliar, Thailand US$ 345,65 miliar, Malaysia US$ 278,68 miliar, Singapura US$ 259,85 miliar, dan Filipina US$ 213,12 miliar.

Sayangnya, berdasarkan data nilai tukar per 21 Januari 2013 sebagai berikut:

Rupiah: US$ 1 = Rp 9.788
Ringgit (Malaysia): US$ 1 = 3,05 ringgit
Peso (Filipina): US$ 1 = 41,92 peso
Dolar (Singapura): US$ 1 = 1,23 dolar Singapura
Baht (Thailand): US$ 1 = 30,52 baht

Berdasarkan data Kemenkeu, dengan nilai tukar tersebut, Indonesia menduduki peringkat kedua dari seluruh negara di ASEAN, setelah mata uang dong (Vietnam) yang nilainya US$ 1 = 20.843 dong.

Setelah Indonesia, ada negara Laos dengan nilai tukar 8.030 Kip per dolar AS, Kamboja 3.995 Riel per dolar AS, Myanmar 861,68 Kyat per dolar AS, Filipina 41,92 Peso per dolar AS, Thailand 30,52 Baht per dolar AS, Malaysia 3,05 Ringgit per dolar AS, Brunei 1,23 Dolar Brunei per dolar AS, Singapura 1,23 Dolar Singapura per dolar AS.

Karena itu pemerintah dan Bank Indonesia (BI) saat ini tengah berencana untuk melakukan redenominasi atau penyederhanaan nilai rupiah, tanpa menghilangkan atau mengurangi nilainya.

RUU Redenominasi telah masuk dalam Prolegnas dan bakal dibahas DPR tahun ini. Jika disetujui, mulai 2014 bakal dimunculkan mata uang baru hasil redenominasi, sehingga ada 2 mata uang yang beredar di masyarakat. Setelah itu secara perlahan hingga 2017 redenominasi dilakukan dan mata uang rupiah lama akan hilang di masyarakat.




Sebarkan Artikel Ini

4 Responses to “Di ASEAN Rupiah Merupakan Salah Satu Mata Uang Terendah Jika Ditukar Ke Dollar AS”

  1. Nibiru says:

    Nggak masalah nilai tukar rupiah kecil, asal ekonomi kita sehat. Ini mungkin cuma masalah gengsi dan untuk memperpendek jumlah nol di belakang rupiah. Kalau mau redenominasi, jadikan saja mata uang kita terbesar nilai tukarnya di dunia. Misal 1 rupiah = 5 euro atau atau 1 rupiah =10 dolar. Kan keren tuh… Untuk pecahan kecilnya, gunakan saja sen dan turunannya lagi.

  2. Ya kalau mau maju, koruptor hrs disikat dan mencintai produk dalam negeri. Maka nilai tukar uang kita akan menjadi bagus

  3. SAYA BERTERIMAKASIH KEPADA MBAH JENGGOT ATAS BANTUANNYA YANG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA..,ALHAMDULILLAH SAYA SEKARAN SUDAH BISA BUKA USAHA SENDIRI DAN SAYA TIDAK MENYANKA KALAU NOMOR DARI MBAH JENGGOT BISA TEMBUS 4 ANKA DAN BAHKAN SAYA SANGAT BERSYUKUR KARNA SEKARAN SAYA SUDAH BISA MENCUKUPI KEBUTUHAN HIDUP KELUARGA SAYA DAN BAGI TEMAN2 YANG
    INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI MBAH JENGGOT DI 082=333=999=868 JANGAN RAGU UNTUK MENHUBUNGI MBAH JENGGOT APABILA ANDA MEMAN SERIUS MAU DIBANTU,SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI.

  4. anonim says:

    ada yg lebih ampuh lagi,judi online saya bisa menang usd 700.000 di server las vegas DNS 192,999,999 berkat tebakan mbah renovaldy asal bengkulu,nih twitternya: @renovaldya

Leave a Reply

© 2014 BeritaKaget.com. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
IBN Network. All right reserved. Users