Resiko Memiliki Pasangan Wanita Yang Usianya Lebih Tua Daripada Laki-Laki

Resiko Memiliki Pasangan Wanita Yang Usianya Lebih Tua Daripada Laki-LakiMasalah usia bukanlah halangan bagi dua insan manusia agar bisa bersama. Banyak ditemui pria tua yang menikah dengan wanita berusia jauh lebih muda. Tak mau kalah, banyak juga pria yang menyukai wanita dengan usia lebih tua.

Kecenderungan pria tertarik kepada wanita yang usianya jauh lebih tua ini akrab disebut dengan istilah Oedipus Complex. Pencetusnya adalah Bapak Psikologi, Sigmund Freud. Menurut Freud, oedipus complex muncul karena seorang pria memiliki kelekatan yang amat kuat terhadap ibunya.

Oedipus complex bisa disebabkan karena sosok ibu yang terlalu protektif. Akibatnya anak jadi sukar lepas dari kelekatan terhadap ibu. Ketika mencari pasangan hidup, pria ini akan mencari wanita yang menyerupai sosok ibunya, salah satunya diperoleh dari wanita yang umurnya lebih tua.

“Pria yang mengalami Oedipus Complex memposisikan dirinya sebagai pria yang mencari perhatian dan perlindungan dari pasangan wanitanya. Hal ini terjadi karena proses pengasuhan yang sudah berlangsung sejak lama,” kata Fauzan Heru Santhoso, psikolog dari Universitas Gadjah Mada ketika dihubungi detikHealth, Senin (28/1/2013).

Menurut Fauzan, kecenderungan oedipus complex pada pria bisa menjadi masalah dalam hubungan apabila tidak terjadi kesesuaian. Wanita cenderung ingin diayomi dan merasa terlindungi. Apabila si pria tidak mampu memberikan rasa aman kepada pasangannya, maka bisa dipastikan hubungan asmara akan kandas.

Sayangnya, pria-pria dengan kecenderungan oedipus complex kebanyakan kurang memiliki sikap mampu melindungi. Jika berhasil menemukan wanita yang memiliki karakter keibuan, mengayomi, serta bisa menoleransi sikap pria dengan oedipus complex, maka hubungan mungkin bisa langgeng

“Tapi kebanyakan wanita mencari sosok pria yang lebih dewasa karena dia akan merasa lebih aman,” imbuh Fauzan.

Tentunya tak semua pria yang menyukai wanita berumur lebih tua lantas bisa dicap kekanakan atau memiliki oedipus complex. Ada juga pria yang merasa tertantang dan lebih jantan apabila berhasil menaklukkan wanita yang lebih tua darinya.




Sebarkan Artikel Ini

One Response to “Resiko Memiliki Pasangan Wanita Yang Usianya Lebih Tua Daripada Laki-Laki”

  1. omdoang says:

    laki2 maupun wanita swaling memutuhkan soal umur tak menjadi masalah,yg jadi masalah umur maximal buat wanita untuk bisa hamil?, soalnya saya laki2 umur diatas 50th apa masih ada wanita yg mau

Leave a Reply

© 2014 BeritaKaget.com. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
IBN Network. All right reserved. Users